Rabu, 25 Maret 2020

SEJARAH SINGKAT UPTD SPF SD NEGERI SIDOMULYO 04

UPTD Satuan Pendidikan Formal SD Negeri Sidomulyo 04 berdiri pada tahun 1987 atas buah pemikiran Bapak Kepala Kelurahan, beliau berupaya menambah tempat pendidikan baru karena pada saat itu di Wilayah Kelurahan Sidomulyosudah ada berdiri 3 tempat pendidikan. Pada saat itu UPTD Satuan Pendidikan Formal SD Negeri Sidomulyo 04 berdiri di Tanah Desa berupa Bengkok Lurah C1 persil 39 seluas 3663 M2sudah memiliki 2 unit gedung dengan 8 ruangan kelas dan 1 ruang kantor,namun masih jadi satu dengan SD Negeri Sidomulyo 03. UPTD Satuan Pendidikan Formal SD Negeri Sidomulyo 04 berdiri dengan SK Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Jawa Tengah Nomor : 421.2/002/VII/28/87.
Dari tahun ke tahun UPTD Satuan Pendidikan Formal SD Negeri Sidomulyo 04 mengalami perubahan kepemimpinan kepala sekolah diantaranya :
1. Dra. Murthofiah Baiyuni
2. Inniti Anshori, BA
3. Seneng Ratminingsih
4. Djais, BA
5. Rakhmat Kartono
6. Yoseph Subagyo,S.Pd
7. MM. Siti Listyari,S.Pd,M.Pd
8. Sugiyanto,S.Pd
Pada awal berdiri hanya memiliki beberapa tenaga kependidikan diantaranya seorang Kepala Sekolah dan beberapa Guru, Namun seiring dalam berjalannya waktu UPTD Satuan Pendidikan Formal SD Negeri Sidomulyo 04 telah memiliki cukup tenaga kependidikan yang telah memenuhi standar kualifikasi pendidikan. Dari segi sarana UPTD Satuan Pendidikan Formal SD Negeri Sidomulyo 04 belum memiliki halaman untuk upacara dan akses jalan keluar masuk. Namun atas usulan dan prakarsa Bapak Kepala kelurahan Sidomulyo sehingga UPTD Satuan Pendidikan Formal SD Negeri Sidomulyo 04 mempunyai halaman yang cukup memadai untuk kegiatan siswa serta akses jalan sebagai sarana keluar masuk ke sekolah.
Dengan rasa syukur pada Tuhan, akhirnya UPTD Satuan Pendidikan Formal UPTD Satuan Pendidikan Formal SD Negeri Sidomulyo 04 memiliki akses jalan masukdan halaman seperti yang dapat dilihat sekarang ini. Tahun 2007 SD ini mampu menampung anak didik dari kelas I hingga kelas VI. Pada tahun 2010 UPTD Satuan Pendidikan Formal SD Negeri Sidomulyo 04 menerima bantuan dari komite sekolah berupa pendirian Musholla Barchrul Ulum dan tahun 2014 mendapat bantuan dari Bansos Pusat/Dirjen berupa 1 unit gedung perpustakaan yang diberi nama Pondok Baca Respati sebagai sarana informasi warga sekolah. Dalam hal prasarana sekolah UPTD Satuan Pendidikan Formal SD Negeri Sidomulyo 04 menerima bantuandiantaranya buku, alat peraga dan peralatan TIK.Hingga saat ini tenaga pendidik dan lingkungan sekolah sudah dapat menyesuaikan keadaan walaupun masih banyak kekurangan. UPTD Satuan Pendidikan Formal SD Negeri Sidomulyo 04 telah mengalami akrditasi 3 kali, yang pertama di tahun 2003 dengan nilai B, Ditahun 2008 dengan nilai A sedangkan untuk tahun 2017 UPTD SPF SD Negeri Sidomulyo 04 mendapat nilai akreditasi A ( 98,98 ) dan menjadi peraih tertinggi nilai akreditasi se – Korwil kecamatan Ungaran Timur. Pada saat ini UPTD Satuan Pendidikan Formal UPTD Satuan Pendidikan Formal SD Negeri Sidomulyo 04 menjadi sekolah percontohan kurikulum 2013 bahkan pada tahun mendatang UPTD Satuan Pendidikan Formal SD Negeri Sidomulyo 04 menjadi Sekolah Model Sistem Penjaminan Mutu Internal. Di tahun 2018 mendapat DAK untuk ruang guru dan pada tahun 2019 ini mendapat untuk ruang kelas. Untuk prestasi kejuaraan semakin hari UPTD SPF SD Negeri Sidomulyo 04 terus meningkat baik kejuaraan siswa maupun guru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar